Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamera Xiaomi Error? Ini Cara Memperbaiki nya

Setiap smartphone selalu saja ada permasalahan yang terjadi baik itu dari software ataupun hardware. Sama hal nya dengan Xiaomi, terkadang Xiaomi juga mengalami masalah seperti pada kamera Xiaomi.

Terkadang kamera pada Xiaomi mengalami error saat digunakan, tidak bisa di akses ataupun tidak bisa mengambil gambar saat ingin melakukan foto. Disini kami akan memberikan cara memperbaiki kamera Xiaomi yang error saat digunakan. Simak tutorial nya dibawah ini:

Memperbaiki Kamera Xiaomi Yang Error

cara memperbaiki kamera xiaomi yang error

1. Tutup & Buka Kembali Kamera

Metode pertama, cobalah untuk menutup dan membuka kembali aplikasi kamera. Ketika aplikasi tidak dapat terbuka, muncul pesan failed atau tidak terhubung, cobalah untuk menutupnya melalui recent apps. Tidak hanya pada satu aplikasi, coba tutup semua aplikasi yang terbuka.

Opsi ini masih bersifat sederhana, jikapun tidak berhasil cobalah metode berikutnya.

2. Restart Smartphone Xiaomi

Coba restart smartphone siapa tahu dengan ini kamera dapat normal kembali. Pada beberapa kasus, metode ini berhasil mengatasi masalah kamera error atau tidak terhubung. Biasanya penyebabnya karena hal sederhana, yakni memori utama dan RAM yang penuh.

Jika masih tidak berhasil, cobalah metode selanjutnya.

3. Kembalikan Kamera Ke Setelan Bawaan

Hal lain yang perlu diperhatikan, mungkin ada kesalahan dalam menyetelan kamera atau ada bugs tertentu yang membuat kamera tidak bisa dibuka atau mengambil gambar. Coba kembalikan posisi kamera pada setelan default yang artinya masih fresh tanpa ada perubahan sama sekali.

Untuk melakukannya, cobalah untuk mengikuti langkah-langkahnya berikut ini. Setiap smartphone memiliki fitur pengaturan yang berbeda – beda, kamu bisa menyesuaikan.

Buka menu Setelan » Aplikasi Sistem » Pilih “Kamera” » Selanjutnya Pilih “Pulihkan Setelan Bawaan” » kemudian tap “Oke”.

4. Cek Bagian Permission

Coba lakukan pengecekan juga pada bagian perizinan aplikasi kamera, siapa tahu tidak berada pada posisi aktif atau enable. Bagian ini tentu sangat penting untuk dilihat, ketika perizinan pada modul kamera tidak enable maka sampai kapanpun kamera tidak akan bisa digunakan.

Opsi ini ada pada fitur pengaturan perizinan, lebih jelasnya bisa cek metodenya berikut ini.

Buka menu Setelan » Perizinan » Perizinan » Kamera » kemudian pastikan perizinan pada aplikasi berada pada posisi enable (bertanda hijau).

5. Hapus Data Aplikasi Kamera

Apabila dengan beberapa metode diatas tidak dapat mengatasi masalah yang ada, cobalah untuk menghapus data aplikasi kamera. Banyak pengguna android yang mendapati masalah pada aplikasi dapat teratasi dengan metode ini. Biasanya, ketika masalahnya terjadi karena file yang corrupt atau hanya bugs pada aplikasi opsi ini bisa menjadi yang terbaik.

Ini akan membuat kamera kembali pada posisi default dan semua data yang bersifat sementara akan terhapus seperti basis data, cache, serta file temporary lainnya. Dan berikut langkah – langkahnya …

Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Kamera” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

6. Factory Reset Xiaomi

Mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrikan sebenarnya bukanlah menjadi solusi terbaik, karena bagaimanapun semua data akan terhapus dan pengaturan sistem akan kembali pada posisi default. Pengguna harus setting dari awal dan pastinya dapat merepotkan, harus install aplikasi – aplikasi dan game yang inginkan.

Namun jika sudah tidak ada pilihan lain dan kemungkinan masalah ada pada sistem, cobalah untuk reset ke setelan pabrikan. Backup semua data yang kamu miliki ke memori eksternal atau komputer Desktop.

Buka menu Setelan » Setelan Tambahan » Pilih “Cadangkan & Setel Ulang” » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Kemudian tap “Setel Ulang Telepon”.

7. Lakukan Flashing

Terakhir apabila masih bermasalah, mau tidak mau harus dilakukan Flashing. Namun disini kamu sebagai pengguna tidak harus melakukannya, karena tahap Factory Reset sudah kamu lakukan dan bisa jadi juga modul kamera yang bermasalah. Dan untuk pengecekan lebih lanjut harus dibawa ke service center atau counter HP dengan service yang berpengalaman.

Adapun jika sebelumnya kamu pernah melakukan Costum ROM dan akhirnya membuat kamera bermasalah, maka cobalah untuk mengembalikan sistem ke versi asalnya secara default, semoga nanti tidak terjadi masalah.

Siapkan semua bahan yang dibutuhkan, baik itu Firmware atau ROM-nya, tools seperti USB, software flashing, dan lain sebagainya. Coba searching atau cari metodenya di YouTube.

 Kesimpulan

Itulah cara memperbaiki kamera Xiaomi error atau tidak dapat digunakan, semoga dengan adanya artikel diatas dapat membnatu kamu dalam memperbaiki permasalahan pada kamera Xiaomi kamu. Semoga bermanfaat..

 

Post a Comment for "Kamera Xiaomi Error? Ini Cara Memperbaiki nya"